Gunung Merapi Batur Kintamani Bali

Gunung dan Danau Batur di Kintamani

Kintamani yang terletak di kabupaten Bangli, merupakan salah satu tempat wisata favorit. Kintamani menawarkan suasana perbukitan yang segar dengan suhu udara sekitar 18 derajat celcius, Di daerah pegunungan sekitar Kintamani, terdapat Gunung Batur dengan danau kawah yang dalam dan mata air panas yang udara pegunungan yang sejuk disertai pemandangan yang indah, yang telah membuat Kintamani menjadi salah satu tempat yang tak terlupakan dalam agenda wisatawan.

Gunung Berapi Kintamani, kadang disebut juga Museum Vulkanologi Kintamani. Museum ini satu kawasan dengan wisata Penelokan, Kintamani di mana pengunjung bisa menikmati anggunnya gunung dan ademnya danau.

Dari Denpasar perlu waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil atau sepeda motor. Jalan yang ditempuh bisa dari Denpasar – Gianyar – Bangli – Kintamani ataupun Denpasar – Ubud – Tampaksiring – Kintamani. Waktu tempuhnya tak jauh beda. Cuma kalau lewat kota Bangli jalan raya relatif lebih lurus sedangkan lewat Ubud lebih berkelok-kelok.

Gunung Batur meletus merupakan salah satu bagian menarik di Museum Gunung Berapi Kintamani. Panel ini berada di lantai satu museum tiga lantai tersebut. Lantai satu memang khusus untuk panel-panel informasi terkait dengan gunung berapi di dunia maupun Indonesia selain juga untuk loket pembayaran bagi pengunjung.

Tiap pengunjung membayar sejumlah tertentu untuk menjelajah museum seluas 5000 meter persegi ini. Salah satu panel menyampaikan informasi tentang aneka gunung berapi di dunia. Panel yang ditempel di dinding ini lebarnya sekitar 3×2 meter persegi.

Ada peta dunia dalam bentuk tiga dimensi di panel tersebut. Di depan peta tiga dimensi itu ada panel lain berukuran lebih kecil. Di panel kecil ini ada daftar nama-nama gunung berapi di dunia. Nah, kalau kita pencet nama tersebut, maka panel besar di dinding akan menyala menunjukkan di bagian mana gunung berapi tersebut.

Panel lain memperlihatkan daftar gunung berapi di Indonesia. Bentuk dan sistem operasinya sama persis dengan panel pertama. Cuma kali ini hanya daftar gunung berapi di Indonesia. Selain panel-panel itu tadi, pengunjung juga bisa melakukan simulasi komputer di lantai satu ini tentang bagaimana proses meletusnya gunung berapi.

Ada pula foto-foto wajah gunung berapi di Indonesia. Secara umum, lantai satu memang berisi informasi tentang gunung berapi di dunia maupun di Indonesia. Lalu ada pula papan-papan informasi tentang meletusnya Gunung Batur.

Salah satu papan menunjukkan bahwa Gunung Batur pernah meletus hingga 26 kali dalam kurun waktu tahun 1804 hingga 2000. Menurut papan informasi tersebut, letusan paling lama terjadi pada 1963. Letusan tersebut dimulai pada 5 September 1963 hingga 10 Mei 1964 dengan lelehan lava dari puncak ke bawah.

Artinya, selama sembilan bulan Gunung Batur mimisan lava. Gunung Batur, dengan tinggi sekitar 3000 meter itu, hanya bagian kecil dari gunung yang jauh lebih besar.

Gunung Batur yang kita lihat saat ini itu punya kaldera di tengah. Terus di tengah kaldera itu ada puncak kecil. Nah, Gunung Batur yang sudah besar itu sendiri ternyata juga puncak di kaldera raksasa di mana terdapat Gunung dan Danau Batur di dalamnya. Titik di Penelokan, di mana turis biasa menikmati gunung dan danau, itu adalah puncak dari gunung raksasa tersebut. Jadi Gunung Batur adalah puncak kecil di tengah kaldera raksasa tersebut.

Terdapat pemandangan brilian dari Penelokan, jika udara sedang cerah. Namun, siapkan juga untuk kondisi cuaca yang basah, dingin, dan berawan, serta penjual-penjual cinderamata yang agresif.

Disarankan untuk membawa sebuah kamera dimana pemandangan yang indah dapat Anda abadikan. Banyak pedagang kaki lima yang menjual beberapa cinderamata.

Jika Anda tidak ingin membeli apapun dari mereka, jangan membuat kontak dengan mereka kecuali Anda ingin diikuti sampai Anda menyerah dan membeli dari mereka.

Lebih baik mengunjungi Gunung dan Danau Batur pada musim kering, hal ini akan membuat aktivitas pinggir danau tersedia dan dapat dinikmati. Sedangkan pada musim hujan, pemandangan yang akan Anda dapatkan akan berkabut dan basah.

JANGAN RAGU kontak kami via WA/SMS +62 81-2397-7705 atau via formulir online.
Scroll to Top