Monyet di Alas Kedaton

Wisata Alas Kedaton, Bali. Alas Kedaton salah satu obyek wisata di Bali, berlokasi di Desa Kukuh Kecamatan Marga, kota Tabanan, 4 km dari kota Tabanan, Taman Wisata Alam Alas Kedaton (Alas Kedaton Monkey Forest), memiliki pesona wisata hutan yang banyak dihuni oleh ratusan kera dan kekelawarnya.

Alas Kedaton berlokasi di Desa Kukuh Kecamatan Marga, kota Tabanan. Ada dua hal yang menarik di tempat ini, yaitu : Monyet-monyetnya, yang berjumlah sekitar 300-an yang terbagi dalam 3 kelompok. Di mana setiap kelompok dipimpin satu raja dengan postur tubuh yang berukuran cukup besar. Berbeda dengan monyet di Uluwatu yang agak sedikit sangar, monyet di sini cenderung jinak. Kedua adanya kalong (kelelawar) yang berterbangan di atas pohon besar belakang pura.

Letak pura ini sendiri ada di dalam hutan Alas Kedaton, Upacara piodalan di Pura ini adalah jatuh pada hari Selasa (Anggara Kasih) dau puluh hari setelah Hari Raya Galungan. Yang mana upacara dimaksud dimulai pada siang hari dan harus sudah selesai sebelum matahari terbenam. Pura ini sering pula disebut Pura Alas Kedaton atau Pura Dalem Kahyangan.

Memasuki areal Alas Kedaton, wisatawan akan diantar oleh Ibu-ibu sbg local guidenya. Mereka adalah para pedagang yg memiliki toko2 souvenir disekitar obyek wisata ini. Ada suatu aturan yg cukup bagus saya lihat antar para pedagang tsb. Mereka memiliki nomer antri utk bisa mengantar turis2 berkeliling melihat kawanan monyet yg ada. Selesai jalan2, mereka akan mengajak tamunya mampir di toko mereka dan mencoba menawarkan barang dagangannya spt kaos, daster, celana, dll.

Karena ini adalah giliran mereka, jadi yg lain tidak boleh menawarkan dagangannya. Cukup teratur dan adil, jadi semua dapat giliran mengais rejeki. Oh yah, ibu-ibu ini lebih senang jika para pengunjung mau membeli dagangannya daripada dikasih tips atas jasanya nganterin.

Wisatawan domestik dan asing yang ingin memasuki areal pura dikenakan biaya tiket masuk tertentu. Wisatawan yang datang ke tempat ini juga bisa menyaksikan keindahan Pura dan Hutannya.

JANGAN RAGU kontak kami via WA/SMS +62 81-2397-7705 atau via formulir online.
Scroll to Top