Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di tepi danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali. Pura ini tepatnya ada di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan yang berjarak sekitar 50 kilometer arah utara Kota Denpasar.

Pura Ulun Danu Beratan terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Jaraknya dari kota Denpasar sekitar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya Denpasar – Singaraja. Pura tersebut berada di tepi danau Beratan, namanya diambil dari danau di atas nama Pura tersebut didirikan yaitu Danu Beratan.

Pura ini disebut Pura Ulun Danu karena letaknya persis di tepi Danau Beratan, Bedugul. Pura Ulun Danu Beratan merupakan pura yang disucikan para petani Hindu di Bali. Obyek wisata Ulun Danu Beratan Bedugul didirikan pada abad ke-13 oleh leluhur keluarga Puri Marga Tabanan dan kini dikelola bersama warga dari 17 desa pekraman di sekitar pura.

Jadi, jika sedang berlibur ke Bali luangkan waktu untuk berkunjung ke pura yang indah itu.

Kilasan sejarah Pura Ulun Danu Beratan dapat diketahui berdasarkan data arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi.

Data Arkeologi, di depan halaman sebelah kiri dari pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan (teras).

Bisa diperkirakan bahwa lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan terdiri, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.

Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:
Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.

Wisatawan domestik dan asing yang ingin memasuki areal pura berudara dingin itu, dikenakan tiket masuk tertentu untuk Domestik dan juga untuk Wisatawan Asing. Wisatawan yang datang ke tempat ini juga bisa menyaksikan keindahan taman di sekitar pura dan sebuah candi Budha kuno.

JANGAN RAGU kontak kami via WA/SMS +62 81-2397-7705 atau via formulir online.
Scroll to Top