Jokowi Resmi Buka PON XX di Papua

Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua pada Sabtu tgl 2/10/2021.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi pun mengajak untuk merayakan PON ke-XX ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Negara juga yakin dengan adanya PON ini kemajuan Papua akan berjalan cepat. “Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan,” ujar dia. Sebagaimana diketahui, PON XX digelar pada 2-15 September 2021.

Ajang olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang.

Adapun tempat utama penyelenggaraan PON berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasitas 40.000 penonton.

Jokowi mengingatkan, prestasi dari anak muda Papua harus terus dikembangkan. “Prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan,” kata Jokowi saat membuka PON XX di Papua yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Ia mencontohkan, sejumlah nama atlet yakni Lisa Rumbewas di cabang olahraga angkat besi, Serafi Anelis Unani dan Ramses Burumi dari cabang olahraga atletik, serta Boaz Solossa dari cabang olahraga sepak bola.

Selanjutnya, ia juga menyorot kreativitas di bidang music dan seni budaya yang membanggakan bangsa juga harus diteladani.

“Lagu ‘Cuma Saya’ dari MAC, dan ‘Jang Ganggu’ dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengungkap ia mendorong peningkatan kualitas di sektor kewirausahaan. Ia mengatakan, sudah meresmikan pembangunan Papua Youth Creative Hub di Tanah Papua. “Untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua,” ucapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top